Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Beji
Puskesmas
  • Puskesmas Beji
  • umum
2021-09-11 11:01:12

GEBYAR VAKSINASI KECAMATAN BEJI

  • Kegiatan Gebyar Vaksinasi di Kecamatan Beji kembali dilaksanakan pada tanggal 10 September 2021. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Beji dr. Yuliani mengemukakan masyarakat umum yang belum mendapatkan Vaksinasi dosis pertama dan bertempat tingga atau berdomisili di Kecamatan Beji Kota Depok, khususnya kelurahan Beji dan Beji Timur, dapat menghadiri Gebyar Vaksinasi ini. Pelaksanaan di adakan di kantor Kecamatan Beji yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB sampai selesai. Kegiatan Gebyar Vaksinasi dihadiri oleh 769 peserta namun yang lolos artiya dapat melakukan vaksinasi berjumlah 683 peserta. Kategori yang tidak lolos divaksin disebabkan peserta dengan keluhan seperti demam, batuk, flu, peserta yang memiliki tekanan darah tinggi, penyintas belum 3 bulan, tensi rendah, dan NIK yang tidak ditemukan di data disukcapil. Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi ini melibatkan Puskesmas Se-Kecamatan Beji serta staf Kecamatan yang membantu untuk menginput data peserta.
    Gebyar vaksinasi yang dilaksanakan 10 September 2021 dilakukan dengan Langkah sebagai berikut, masyarakat yang akan divaksin terlebih dahulu  didata oleh RT–RW setempat kemudian berkoordinasi dengan kelurahan setempat untuk mendata warga yang akan mengikuti vaksinasi, selanjutnya masyarkat datang langsung ke kantor kecamatan Beji sesuai jam yang sudah di tentukan dengan membawa identitas diri/KTP/KK/Surat Keterangan Domisili Kota Depok.  Kepala UPTD Puskesmas Beji dr. Yuliani mengingatkan kepada para petugas vaksin dan masyarakat yang mengikuti gebyar vaksinasi untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan (PROKES) saat berlangsungnya acara gebyar vaksinasi Covid19. 
    dr. Yuliani Mengatakan "Vaksinasi akan kembali dilaksanakan pada pekan depan menggunakan vaksin Sinovac secara masal, waktu masih akan di jadwalkan dalam pertemuan oleh masing-masing kecamatan".
    Vaksin pada tanggal 10 september 2021 menggunakan jenis vaksin Pfizer, diharapkan mampu efektif untuk meminimalisasi penularan infeksi Covid19. Selain itu, vaksin ini juga mampu mencegah munculnya gejala yang parah pada orang yang terinfeksi, dan vaksin membentuk kekebalan tubuh yang nantinya akan melindungi diri sendiri serta orang sekitar kita dari covid19". "Dalam beberapa kasus, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) biasanya menimbulkan demam, gejala ini normal dan merupakan tanda bahwa vaksin sedang bekerja dengan baik di dalam tubuh untuk membangun perlindungan terhadap covid19" Tutur dr.Yuliani. Jumat (10/09/2021). (penulis: Eh)
Download File